Thursday 14 March 2013

Sampah 1



Renungan Hari ini

Semoga kita senaniasa diberi kesehatan oleh Allah SWT dan semoga kita semua yang sedang memanfaatkan media canggih ini, senantiasa menggunakannya di jalan Allah SWT, dan semoga pula  saudara-saudara kita, orang-orang tua kita muslimin muslimat yang selalu berjuang di jalan Allah dan sudah di panggil oleh-Nya mendapat ampunan dan diterima semua amal baiknya  srta Allah SWT membalasnya dengan surga-Nya. Amin.
Sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpah pada nabi kita, Allah Uswatun Chasanah kita Muhammad SAW, dan semoga seluruh pengikut- pengikutnya, teramsuk kita semua mendapat syafaatnya di yaumul akhir Amin.
Balighuu ‘anni walau ayat (sampaikan meskipun hanya satu ayat)
Sesungguhnya kalau kita bicara agama, pasti akan menyinggung diri kita, karena agama berbicara seluk - beluk semua ciptaann-Nya.
Jika sebuah perusahaan mengeluarkan sebuah produk, maka dia akan mengeluarkan buku pendamping yang isinya petunjuk cara menggunakannya, di samping itu juga cara merawat agar produk itu awet ,aman serta tahan lama.
Dan karena Allah yang menciptakan manusia ,maka Allah jugalah yang mengeluarkannya. Panduan yang begitu lengkap dan sempurna, di situ memuat dari mana dengan apa manusia dibuat dan bagaimana mana manusia harus berperilaku, dan bahkan bagaimana  memperlakukan sejak di dalam kandungan sampai lahir , menjadi bayi, menjadi anak, menjadi manusia.
Ketika sudah jadi manusia ,diatur pula bagaimana manusia menjalani hidup dan kehidupan, agar sukses dan selamat di dunia serta akherat, juga disertai dengan panduan agar manusia sukses dan selamat di dunia & akherat.
Begitu pula dengan alam jagad raya subhanalloh, kita ambil satu contoh saja yaitu ‘Bumi’ kita tahu bahwa ‘bumi’ hanyalah salah satu dari sekian juta, bahkan miiliar planet yang Allah SWT ciptakan, dan manusia adalah salah satu dari sekian miliar makhluk yang Allah ciptakan. Dan itu pula Allah keluarkan panduan agar bumi tempat kita berpijak ini menjadi aman, selamat dan rahmat bagi penghuninya.
Dan sesungguhnya jika manusia berperilaku menyimpang dari panduan itu, maka akan berdampak pada manusia, dan tempat yang dihuninya yaitu bumi dan semua yang ada di muka bumi, kita cermati contoh yang paling kecil dari perilaku menyimpang  yaitu         :
-          Membuang sampah
Jika membuang sampah sembarangan maka akan mengganggu manusia yang lain, tempat tidak bersih, menjadi kotor mengundang lalat, penyakit serta tidak sedap di pandang, tentu saja akan mengganggu, baik diri sendiri maupun orang lain dan akan merusak bumi kita tempat berpijak, tempat hidup, dan tempat kita menikmati kehidupan ini (dari segi kebersihan dikatakan bahwa “kebersihan sebagian dari iman”, dari segi kesehatan jelas islam sangat menghargai kesehatan, dan dari segi keindahan “ Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan”)
Di dunia ada berjuta-juta jenis sampah, dari yang organik sampai yang kimia, dari yang ramah lingkungan sampai yang membahayakan kehidupan manusia. 

No comments:

Post a Comment