Friday 15 March 2013

Macam-macam Sampah

Sampah Plastik



Sampah plastik
Diperkirakan, 17 milliar sampai 1 trilliun kantong plastik digunakan di dunia tiap tahunnya. Jika sampah-sampah ini dibentangkan maka, dapat membukus permukaan bumi setidaknya hingga 10 kali lipat! Coba anda bayangkan begitu fantastisnya sampah plastik yang sudah terlampau menggunung di bumi kita ini. Dan tahukah anda, bahwa semua pedagang baik gendongan/asongan maupun dorongan sampai dengan supermarket di seluruh dunia setiap hari membagi-bagikan kantong plastik secara cuma-cuma. Bisa dipastikan setiap kita membeli satu poin barang kita akan mendapatkan minimal satu plastik pembukus, lantas berapa poin barang yang kita beli setiap harinya, dan berapa pula plastik yang kita bawa pulang dan kita buang setiap harinya?
Padahal kita semua mengetahui bahwa plastik yang paling tipis akan bisa terurai dengan baik/sempurna di dalam tanah setelah minimal 11 tahun. Bisa kita bayangkan sambil menunggu 11 tahun sambil numpuk plastik untuk sebelas tahun berikutnya, dan seterusnya.
Oleh karena itu mari kita berbuat baik pada tanah yang kita tempati dan bumi yang kita singgahi ini, dengan mengurangi beban bumi dari sampah plastik. Minimal kita membawa tas/kantong dari rumah untuk tempat belanjaan kita, sehingga berani menolak plastik yang diberikan pada kita.
Semoga niat yang baik, dan perbuatan yang ringan ini bisa menambah amal kita, dan berrmanfaat untuk generasi berikutnya.

No comments:

Post a Comment